Prinsip Usability (Dayaguna)
Daya
guna adalah tingkat produk dapat digunakan yang ditetapkan oleh user untuk
mencapai tujuan secara efektif dan tingkat kepuasan dalam menggunaknnya.
Daya
guna merupakan salah satu faktor yang digunakan untuk mengukur sejauh mana
penerimaan pengguna terhadap sistem.
LATAR
BELAKANG DAYA GUNA
- Pembangunan sebuah sistem komputer biasanya melibatkan dua proses pengumpulan data, yaitu pembahasan dan pengujian.
- Pembahasan biasanya dilakukan pada awal fase rekayasa bentuk sistem.
- Pengujian daya guna dilakukan untuk menilai keputusan menilai keputusan rekayasa bentuk yang telah dibuat.
KOMPONEN PENENTU DAYA GUNA
• Learnabilitas
• Learnabilitas
Mudah dipelajari oleh user baru
•
Efisiensi
Sumber daya pembelajaran dalam
hubungannya dengan ketelitian dan kelengkapan untuk user
•
Memorabilitas
Mudah didalam menggunakan sistem
dan perintah-perintahnya mudah diingat
•
Kesalahan
Tingkat kesalahan yang kecil
•
Kepuasan
subjektif
Bebas dari ketidaknyamanan dan
sikap positif dalam menggunakan produk
Sistem
yang berdaya guna
•
Mengurangi biaya pelatihan
•
Support consume
•
Meningkatkan kepuasan pengguna
Daya
guna Heuristik
Daya
guna heuristik merupakan prinsip atau panduan untuk merekayasa bentuk user
interface, diantaranya adalah :
1.Dialog
yang sederhana dan alami (simple and natural dialogue)
2.Berbicara
dengan bahasa user(speak the user language)
3.Mengurangi
beban ingatan user (minimize user memory load)
4.Konsisten(consistency)
5.Sistem
timbal balik (system feedback)
6.Jalan
keluar yang jelas (clearlymark exit)
7.Jalan
pintas(shortcut)
8.Pesan-
pesan kesalahan yang baik (good error message)
9.Mencegah
kesalahan (prevent errors)
10.Bantuan
dan dokumentasi (help and documentation)
1.
Dialog yang sederhana dan alami
•
User interface mestilah seringkas
mungkin dan bersifat natural dialogue.
•
Pendekatan yang harus digunakan adalah :
Hanya
menampilkan perintah yang diperlukan
Penggunaan
warna yang baik dan tidak berlebihan
Desain
layar dalam bentuk yang lebih ringkas
Dialog
yang natural
2.
Berbicara dengan bahasa pengguna
•
Dialog
seharusnya menggunakan bahasa yang dipahami oleh user.
•
Penggunaan
singkatan dan bahasa yang tidak jelas harus dihindari, karena….
•
Objek
yang tampil dilayar, jenis perintah, jenis interaksi pengguna, cara sistem
memberikan feedback dan sebagainya adalah berdasarkan frasa yang biasa
digunakan, misalnya desktop, icon, menu, cut, copy and paste.
3.
Mengurangi beban ingatan pengguna
User tidak seharusnya dibebani
untuk menginat atau menghafal pada saat berinteraksi dengan sistem.
•
Sebagai
contoh penggunaan menu dapat mengurangi beban user dibandingkan penggunaan
baris perintah.
4. Konsisten
User
interface yang konsisten terlihat dalam menampilkan suatu interface yang
menghindarkan user dari kesalahan saat menggunakan suatu perintah atau fungsi
untuk pertama kali
5.
Sistem Timbal-balik
•
Sistem
sebaiknya memberitahu pengguna atas segala aktifitas yang sedang berlangsung
(status sistem)
Sistem yang menunggu input
dari pengguna, memproses input, menampilkan output, dll
6.
Jalan Keluar yang Jelas
Sistem harus dapat
memberikan penjelasan tentang kondisi dan solusi untuk menghindari user
terjebak dalam tampilan-tampilan yang tidak diinginkan saat berinteraksi dengan
sistem
7.
Jalan Pintas
Berguna untuk
membantu user agar dapat menggunakan berbagai fungsi dengan mudah
8.
Pesan Kesalahan yang Baik
Sistem sebaiknya
menyediakan mekanisme pemberitahuan kesalahan dan menunjukan situasi bahwa user
berada dalam kondisi bermasalah serta membantu user untuk lebih memahami sistem
Pesan-pesan kesalahan yang baik (good
error messages)
Aturan
dalam menampilkan pesan kesalahan:
.
Jelas dan mudah dipahami
.
Bersifat khusus
.
Sebaiknya menyediakan penyelesaian cadangan atas kesalahan
.
Penyampaian dilakukan secara sopan
9.
Mencegah Kesalahan
Sistem
interface yang baik harus mampu membuat user menghindari kesalahan.
Misalnya interaksi
dengan menggunakan menu
10. Bantuan dan
Dokumentasi
Merupakan kemudahan
yang diberikan dalam kebanyakan sistem, menjelaskan cara menggunakan sistem,
ciri-ciri khusus sistem, dan mengizinkan user untuk mengendalikan sistem dengan
lebih baik
Blognya sangat membantu dan bermanfaat..
BalasHapusmyblog
menambah referensi saya dalam memamahami HCI. terimakasih...
BalasHapuskunjungi juga UBD lecturer
oho
BalasHapus