Rabu, 07 Januari 2015

Prinsip Usability


Prinsip Usability (Dayaguna)


              Daya guna adalah tingkat produk dapat digunakan yang ditetapkan oleh user untuk mencapai tujuan secara efektif dan tingkat kepuasan dalam menggunaknnya.
Daya guna merupakan salah satu faktor yang digunakan untuk mengukur sejauh mana penerimaan pengguna terhadap sistem.

    LATAR BELAKANG DAYA GUNA

  • Pembangunan sebuah sistem komputer biasanya melibatkan dua proses pengumpulan data, yaitu pembahasan dan pengujian.
  •  Pembahasan biasanya dilakukan pada awal fase rekayasa bentuk sistem.
  • Pengujian daya guna dilakukan untuk menilai keputusan menilai keputusan rekayasa bentuk yang telah dibuat.

    KOMPONEN PENENTU DAYA GUNA
          Learnabilitas
Mudah dipelajari oleh user baru
          Efisiensi
Sumber daya pembelajaran dalam hubungannya dengan ketelitian dan kelengkapan untuk user
          Memorabilitas
Mudah didalam menggunakan sistem dan perintah-perintahnya mudah diingat
          Kesalahan
Tingkat kesalahan yang kecil
          Kepuasan subjektif
Bebas dari ketidaknyamanan dan sikap positif dalam menggunakan produk 


Sistem yang berdaya guna
         Mengurangi biaya pelatihan
         Support consume
         Meningkatkan kepuasan pengguna

Daya guna Heuristik
Daya guna heuristik merupakan prinsip atau panduan untuk merekayasa bentuk user interface, diantaranya adalah :
1.Dialog yang sederhana dan alami (simple and natural dialogue)
2.Berbicara dengan bahasa user(speak the user language)
3.Mengurangi beban ingatan user (minimize user memory load)
4.Konsisten(consistency)
5.Sistem timbal balik (system feedback)
6.Jalan keluar yang jelas (clearlymark exit)
7.Jalan pintas(shortcut)
8.Pesan- pesan kesalahan yang baik (good error message)
9.Mencegah kesalahan (prevent errors)
10.Bantuan dan dokumentasi (help and documentation)
1. Dialog yang sederhana dan alami
         User interface mestilah seringkas mungkin dan bersifat natural dialogue.
         Pendekatan yang harus digunakan adalah :
—Hanya menampilkan perintah yang diperlukan
—Penggunaan warna yang baik dan tidak berlebihan
—Desain layar dalam bentuk yang lebih ringkas
—Dialog yang natural
2. Berbicara dengan bahasa pengguna
          Dialog seharusnya menggunakan bahasa yang dipahami oleh user.
          Penggunaan singkatan dan bahasa yang tidak jelas harus dihindari, karena….
          Objek yang tampil dilayar, jenis perintah, jenis interaksi pengguna, cara sistem memberikan feedback dan sebagainya adalah berdasarkan frasa yang biasa digunakan, misalnya desktop, icon, menu, cut, copy and paste.
3. Mengurangi beban ingatan pengguna
User tidak seharusnya dibebani untuk menginat atau menghafal pada saat berinteraksi dengan sistem.
          Sebagai contoh penggunaan menu dapat mengurangi beban user dibandingkan penggunaan baris perintah.
 4. Konsisten
User interface yang konsisten terlihat dalam menampilkan suatu interface yang menghindarkan user dari kesalahan saat menggunakan suatu perintah atau fungsi untuk pertama kali
5. Sistem Timbal-balik
          Sistem sebaiknya memberitahu pengguna atas segala aktifitas yang sedang berlangsung (status sistem)
Sistem yang menunggu input dari pengguna, memproses input, menampilkan output, dll


6. Jalan Keluar yang Jelas
Sistem harus dapat memberikan penjelasan tentang kondisi dan solusi untuk menghindari user terjebak dalam tampilan-tampilan yang tidak diinginkan saat berinteraksi dengan sistem


7. Jalan Pintas
Berguna untuk membantu user agar dapat menggunakan berbagai fungsi dengan mudah

8. Pesan Kesalahan yang Baik
Sistem sebaiknya menyediakan mekanisme pemberitahuan kesalahan dan menunjukan situasi bahwa user berada dalam kondisi bermasalah serta membantu user untuk lebih memahami sistem 

Pesan-pesan kesalahan yang baik (good error messages)
Aturan dalam menampilkan pesan kesalahan:
. Jelas dan mudah dipahami
. Bersifat khusus
. Sebaiknya menyediakan penyelesaian cadangan atas kesalahan
. Penyampaian dilakukan secara sopan

9. Mencegah Kesalahan
Sistem interface yang baik harus mampu membuat user menghindari kesalahan.
Misalnya interaksi dengan menggunakan menu

10. Bantuan dan Dokumentasi
Merupakan kemudahan yang diberikan dalam kebanyakan sistem, menjelaskan cara menggunakan sistem, ciri-ciri khusus sistem, dan mengizinkan user untuk mengendalikan sistem dengan lebih baik

3 komentar: