Rabu, 07 Januari 2015

PRINSIP DESAIN



PRINSIP DESAIN
PENDAHULUAN
         Salah satu kriteria penting dari sebuah antarmuka adalah tampilan yang menarik.
         Seorang pengguna, apalagi pengguna baru, biasanya tertarik untuk mencoba sebuah program aplikasi dengan terlebih dahulu tertarik pada suatu tampilan yang ada di hadapannya.
         Dokumentasi rancangan dpt dikerjakan dlm beberapa cara :
                        - Membuat sketsa pada kertas
- Menuliskan tekstual yang menjelaskan tentang kaitan         antara satu jendela dengan jendela yan lain,
                        - menggunakan CASE (Computer Aided Software Engineering)

PENGERTIAN DESAIN
         Desain adalah ilmu yang mempelajari konsep komunikasi dan ungkapan kreatif, teknik dan media untuk menyampaikan pesan dan gagasan secara visual dengan mengolah elemen desain grafis berupa bentuk gambar, huruf dan warna, serta tata letaknya, sehingga pesan dan gagasan dapat diterima oleh sasarannya.
PRINSIP DESAIN
         Prinsip-prinsip desain membantu anda untuk menggabungkan berbagai elemen desain ke dalam tata letak yang baik.
         Ada empat prinsip desain:
      keseimbangan,
      irama,
      penekanan dan
      kesatuan.
Traditional Software Design
# Waterfall model of software life cycle



System- Centered Design
         Fokus pada Teknologi
               - Apakah bisa dibangun dengan mudah menggunakan tools yg tersedia pada software tertentu.
                  - Apakah menarik perhatian saya, sebagai pengembang, untuk membangun

User-Centered Design
         Design berdasarkan pada user:
                            - Tugas
                            - Kemampuan
                            - kebutuhan
         Mantra: Know the user!
Ide Dalam Membuat Desain
Bagaimana kita bisa mempunyai ide untuk membuat dan mengembangkan desain interface baru ?
 


Ide Dalam Membuat Desain
                Ide berasal dari
¡ Imajinasi
¡ Analogi
¡ Observasi dari praktek saat ini
¡ Observasi dari sistem saat ini
      Mengutip dari bidang lain
¡ Animasi
¡ Teater
¡ Information displays
¡ Arsitektur
¡ ...
Iteration is the key!
         Tak ada desain yang sempurna hanya dengan satu kali proses
         Sistem interaktif tidak bisa tercipta dari awal, pengguna harus terlibat secara terus menerus
         Testing dan evaluasi harus diawali saat proses desain
       Testing dan desain harus diulang secara bersamaan
       Prototypes dapat digunakan dalam proses testing
How to Start?
         Gunakan templates
         Studying existing applications
       Melihat sistem yang sudah ada, mis : MS Office, Simply Accounting
       Meniru teknik aplikasi yang sudah ada, mis : cara membuka file, konfirmasi penyimpanan
       Memahami mengapa terjadi desain seperti yang sudah ada, mis : browsing folder untuk membuka file
Mapping
         Relasi antara tindakan pengguna dan hasil dari tindakan tersebut
         Natural mapping
       Pengguna telah mengetahui hasil dari tindakannya secara natural, mis : tombol OK dan Cancel, tombol Submit
Contoh Mapping
         Function keys
       F3 berfungsi sebagai apa ?
       Apa yang terjadi jika sebuah function ditekan ?
Forcing Function
         Desain yang mencegah pengguna melakukan kesalahan, mis : penggunaan radio button, konfirmasi penyimpanan, konfirmasi hapus file, menu disabled
Feedback
         Feedback : adanya peringatan atas hasil sebuah tindakan,
          mis : pesan data tersimpan
Automatic Learning
         Pengguna akan mempelajari hasil tindakan berdasarkan kejadian yang berulang, dapat dipenuhi jika terjadi konsistensi,
          mis : menu File à New di MS Office
Contoh :

Kontras
         Dapat digunakan untuk membedakan kontrol yg aktif atau tidak
         Dapat digunakan untuk mengatur item yg paling penting dengan highlight(menyorotnya)
Contoh :


Desain Ikon
         Mewakili objek atau aksi yg lazim dan dapat dikenali
         Membuat ikon lebih menonjol dari background
         Pastikan ikon yg terpilih tampak terlihat jelas dari ikon yg tidak terpilih
         Buat setiap ikon yg berbeda
         Hindari rincian yg berlebihan





Tidak ada komentar:

Posting Komentar